Sabtu, 21 November 2015

Soal Ujian Tengah Semester (UTS) Mata Kuliah : ICT dalam Pendidikan Matematika



Nama: Ramadona Anisa
NIm : 201312148
Semester :  5
Mk ICT
Dosen Putri Fitriasari, M.Pd

· 1. Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Pendidikan,  
1.1  Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Pendidikan
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Dalam bidang pendidikan, TIK banyak memiliki peranan. Teknologi Informasi seakan telah menjadi pengalih fasihan buku, guru dan sistem pengajaran yang sebelumnya masih bersifat konvensional. Teknologi Informasi menyebabkan ilmu pengetahuan menjadi kian berkembang dan berkembang. Namun, TIK juga memiliki dampak positif dan negative terhadap kehidupan, salah satunya yang menonjol adalah di bidang pendidikan.
Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Pendidikan

Beberapa dampak positif dari Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam bidang pendidikan, antara lain:
1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
2. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
3. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
4. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
5. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan.
6. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
7. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos, internet dan lain-lain.
8. Mengurangi ketertinggalan dalam pemanfaatan TIK dalam pendidikan dibandingkan dengan negara berkembang dan negara maju lainnya.
9. Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan dan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi.
10. TIK sebagai sistem pendukung keputusan dalam dunia pendidikan. Guru meningkatkan kompetensinya pada berbagai bidang ilmu dan profil institusi pendidikan diketahui oleh pemerintah.
11. Berbagi hasil penelitian, hasil penelitian yang dimuat dalam internet akan mudah dimanfaatkan orang lain disegala penjuru dunia dengan cepat.
12. Konsultasi dengan pakar, konsultasi dangan para ahli dibidangnya dapat dilakukan dengan mudah walaupun ahli tersebut berada ditempat yang sangat jauh.
13. Perpustakaan online, perpusatakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk digital.
14. Diskusi online. Diskusi online adalah diskusi yang dilakukan melalui internet.
15. Kelas online. Aplikasi kelas online dapat digunakan untuk lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh, seperti universitas dan sekolah-sekolah terbuka.
16. “Computer Aided Instruction” telah terlihat sedikit meningkatkan kinerja siswa pada pilihan ganda, pengujian standar di beberapa daerah. Computer Aided (atau Assisted) Instruksi (CAI), yang umumnya mengacu kepada siswa belajar mandiri atau tutorial pada PC, telah terbukti sedikit meningkatkan nilai tes siswa dalam membaca dan keterampilan matematika ataupun pelajaran yang lainnya, meskipun apakah peningkatan tersebut berkorelasi dengan perbaikan nyata pada pembelajaran siswa.
17. TIK yang digunakan dalam mata pelajaran sekolah yang berbeda. Penggunaan TIK untuk simulasi dan pemodelan dalam sains dan matematika telah terbukti efektif, karena memiliki pengolah kata dan perangkat lunak komunikasi (e-mail) dalam pengembangan bahasa siswa dan kemampuan komunikasi.
18. Akses luar sekolah mempengaruhi kepercayaan pengguna. Siswa yang menggunakan komputer di rumah juga menggunakan komputer di sekolah lebih sering dan lebih percaya diri daripada siswa yang tidak memiliki akses di rumah mereka.
Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Pendidikan

Ada biaya besar yang terlibat diantara siswa miskin dan pendidikan yang dapat berakhir menjadi kerugian. Hal ini sering disebut sebagai faktor dalam kesenjangan digital. Beberapa dampak negatif yang ditimbulkan dari Teknologi Informasi da Komunikasi dalam bidang pendidikan antara lain:
1. Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
2. Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah sistem tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
3. Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).
4. Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes RavenDifferential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dan permasalahan ini adalah tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.
5. Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindakan kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di bidang pendidikan juga mencetak generasi yang e-book berpengetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contohnya dengan ilmu computer yang tinggi maka orang akan berusaha menerobos system perbangkan dan lain-lain.
6. Tidak menjadikan TIK sebagai media atau sarana satu-satunya dalam pembelajaran, misalnya kita tidak hanya mendownload, tetapi masih tetap membeli buku-buku cetak, tidak hanya berkunjung ke digital library, namun juga masih berkunjung ke perpustakaan.
7.  Mempertimbangkan pemakaian TIK dalam pendidikan, khususnya untuk anak di bawah umur yang masih harus dalam pengawasan ketika sedang melakukan pembelajaran dengan TIK. Analisis untung ruginya pemakaian.
8. Mahasiswa dan kadang-kadang guru, bisa kecanduan aspek teknologi, bukan isi pelajaran. Hanya karena topik dapat diajarkan melalui TIK, tidak berarti bahwa itu diajarkan secara efektif via TIK. Bahkan jika subjek dapat diajarkan secara efektif melalui TIK, dan ada uang yang tersedia, itu tidak selalu berarti bahwa selalu ada keuntungan untuk itu . Ada banyak studi atau kajian yang dilakukan untuk mencari dan melihat apakah penggunaan TIK dapat meningkatkan pembelajaran .
9. Perlu untuk tujuan yang jelas. TIK dipandang kurang efektif (atau tidak efektif) ketika tujuan untuk mereka gunakan tidak jelas. Seperti menggunakan internet untuk mencari video porno ketika menggunakan computer di sekolah.



2.Jelaskan apa yang anda etahui tentang Geo Gebra ?

PEMANFAATAN  SOFTWARE GEOGEBRA  DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
 
Assalamu’alaikum wr wb

A. Pengenalan Geogebra
GeoGebra adalah software matematika dinamis yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika. Software ini dikembangkan untuk proses belajar mengajar matematika di sekolah oleh Markus Hohenwarter di Universitas Florida Atlantic. Secara umum  ada 3 kegunaan GeoGebra, yaitu sebagai: 
1) alat bantu membuat gambar obyek geometri dan grafik Fungsi.
2) meyelesaikan soal matematika
3) media pembelajaran matematika 

GeoGebra merupakan salah satu aplikasi yang berjalan pada Java Runtime sehingga sebelum melakukan instalasi GeoGebra komputer harus terlebih dahulu diinstal program Java Runtime Environtment (JRE). Jika komputer belum terpasang JRE ini maka aplikasi GeoGebra tidak dapat dijalankan. JRE dapat didownload dari situs http://java.com

Setelah Java JRE selesai di-download dan diinstal, langkah selanjutnya adalah menginstal aplikasi GeoGebra. Installer aplikasi GeoGebra tersedia di situs http://www.geogebra.org/.

B. Tampilan Geogebra
Dalam workshop ini, akan digunakan GeoGebra versi 4.2, setelah di instal kemudian dibuka, maka akan muncul tampilan sebagai berikut:
 

Dalam tampilan tersebut masih dalam bahasa Inggris, kalau ingin diubah ke dalam bahasa Indonesia maka klik Options – Language – E–I – Indonesian/Bahasa Indonesia ( seperti alur berikut)
 

Setelah alur itu dijalankan maka akan muncul tampilan yang sudah berubah dalam bahasa Indonesia seperti gambar di bawah ini :
 

Selanjutnya GeoGebra dalam bahasa Indonesia siap digunakan.

Tampilan dari Geogera sangat sederhana, yang terdiri dari: 
1) Menu, yang terletak di bagian atas. 
    Menu terdiri dari Berkas, Ubah, Tampilan, Opsi, Peralatan, Jendela, dan Bantuan 
2) Tool Bar, yang terletak pada baris kedua, berisi icon-icon (simbol) 
 
3) Jendela Kiri, sebagai tempat untuk tampilan Aljabar  
4) Jendela Kanan, yaitu tempat ditampilkannya grafik. 
5) Bilah Masukan, yang terletak di kiri bawah 





C. Membuat Gambar Obyek Geometri dan Grafik Fungsi dengan GeoGebra
1. Menggambar Titik  
Ada 2 cara untuk menggambar titik, yaitu dengan menggunakan icon pada tool bar dan mengetik perintah pada bilah masukan.
 Icon untuk menggambar titik adalah  yang berada di nomor 2 dari kiri. Misal kita ingin membuat titik A(2,5) dengan icon tersebut, caranya Arahkan krusor ke jendela kanan, yaitu tempat menggambar grafik. Setelah kursor terletak pada koordinat (2, 5), klik tempat tersebut. Terbentuklah titik A(2, 5). 
Cara kedua dengan mengetik perintah pada bilah masukan. Perintah yang diketikan adalah A=(2,5) seperti gambar berikut
 
Dari 2 cara tersebut akan diperoleh hasil yang sama seperti gambar berikut:
 
Titik A pada tampilan grafik tersebut dapat dilengkapi dengan koordinatnya,  caranya klik kanan pada titik A kemudian muncul jendela titik A, lalu pilih dan enter Properti seperti gambar berikut:
             
Pada Tampilan Label, klik jendela Nama pada segitiga kanan, pilih Nama & Nilai, selanjutnya klik close pada pojok kanan atas. Tampilan titik A akan berubah seperti gambar berikut
 
2. Menggambar ruas garis
Misal kita akan membuat ruas garis dari titik A(3, 4) hingga B(6, 2) 
1) Buatlah titik (3, 4) dan (6, 2) 
2) Klik icon untuk membuat “ruas garis di antara dua titik”, yaitu icon  . Bila muncul, klik segitiga di kanan bawah, maka muncul tampilan berikut 
 

Selanjutnya buatlah titik A(2,4) seperti contoh membuat titik di atas, kemudian geser ke arah titik B(6,2) kemudian lepaskan.
Atau gunakan bilah masukan caranya  pada Bilah masukan ketikan A=(2,4) enter, ketikan B=(6,2) enter, kemudian ketikan ruasgaris[A,B].
Dari dua cara tersebut akan diperoleh hasil seperti gambar berikut:
 
Hasil tersebut bisa di tambahi dengan hal-hal yang perlu di tambahkan dengan menggunakan fasiltas-fasilitas yang ada. Klik Kanan titik A dan B kemudian lakukan pengeditan sesuai kebutuhan. Klik kanan juga ruas garis AB, lakukan pengeditan. Gambar dibawah ini diperoleh dari gambar di atas setelah dilakukan pengeditan.
 

3. Membuat Poligon ( Bangun segi-n) 
Misal kita ingin membuat poligon yang terbentuk dari lima buah titik A(2,4), B(5,3), C(4,1), D(2,0) dan E(0,2). Caranya sebagai berikut:
a. Ketikan pada bilah masukan titik-titik tersebut ( caranya seperti pada cara membuat titik pada contoh sebelumnya) 
b. Setelah titik A, B, C, D dan E terbentuk, klik icon  pada segitiga dipojok kanan bawah. Terus pilih dan klik poligon.
 
c. Kemudian klik titik A, terus dilanjutkan titik B, C, D, E dan kembali ke titik A. Maka akan terbentuk gambar berikut:
 
Gambar poligon tersebut bisa kita edit sesuai dengan kebutuhan, misalnya warnanya kita ganti, atau kita beri arsiran dan lain sebagainya. Caranya sebagai berikut:
a. Untuk memberi label pada titik, klik Tampilan Label dan seterusnya ( seperti contoh memberi label titik pada membuat titik di atas ).
b. Klik kanan pada tengah-tengah gambar poligon tersebut, terus pilih dan klik properti, akan muncul tampilan berikut
 
c. Untuk memberi warna lain, klik Warna. Kemudian pilh warna yang dikehendaki.
d. Untuk Format ketebalan garis, format garis, dan pengisian klik Format.
Misal ketebalan garis diganti dengan 6  ( geser ke angka 6), kemudian bila dibuat arsiran maka pada pengisian dari Standar di ganti dengan Hatch. Sudut kemiringannya juga bisa di atur ( lihat pada sudut), demikian juga dengan kerapatan arsirannya juga bisa di atur (lihat pada spasi). 
e. Setelah pengaturan/ pengeditan selesai, klik tanda silang pada pojok kanan atas. 
Contoh hasil pengeditan seperti gambar berikut;
 

4. Menggambar Grafik Fungsi Linear
Bentuk umum fungsi linear adalah f(x) = ax + b 
Perintah untuk menggambar grafik fungsi linear adalah f(x)=ax+b.  
Contoh: Pada bilah masukan ketiklah f(x)=3x+2. Maka grafik yang dihasilkan adalah sebagai berikut:
 

5. Menggambar Grafik Fungsi Kuadrat
Bentuk umum fungsi kuadrat adalah f(x) = ax2 + bx + c 
Perintah untuk menggambar grafik fungsi kuadrat adalah f(x) = ax^2+bx+c  
Contoh: Pada bilah masukan ketiklah f(x)=x^2 - 4x + 3. Grafik yang dihasilkan adalah sebagai berikut:
 

Apabila gambar tersebut akan disisipkan dalam file microsoft word, maka gambar tersebut harus dijadikan dalam file gambar. 
Caranya klik Berkas – Ekspor – Tampilan Grafik sebagai Gambar (png, eps)
Lihat alur pada gambar berikut:

 

Setelah itu akan muncul tampilan berikut
 

Selanjutnya klik simpan akan muncul tampilan Simpan
Pilih media penyimpanan, misal di My Documents, kemudian beri nama file, 
misal Gambar Grafik Fungsi Kuadrat f(x)=x^2 - 4x + 3, Selanjutnya klik Simpan.
 

File tersebut akan berada di My Documents dengan nama file Gambar Grafik Fungsi Kuadrat f(x)=x^ - 4x + 3.png

Untuk mencari gambar yang sudah disimpan tersebut, cari dimana file gambar tersebut di simpan, untuk gambar di atas di simpan di My Documents. Kemudian tekan Ctrl C, setelah itu sisipkan pada file Microsoft word.
 

6. Menggambar DHP dari Sistem Pertidaksamaan Linear
Misal diketahui sistem pertidaksamaan Linear berikut:
 x ≥ 0 ; y ≥ 0 ; 3x + 2y ≤ 6 dan 2x + 3y ≤6.
Untuk membuat gambar DHP dari sistem tersebut dengan GeoGebra langkahnya adalah 
a. Buat dahulu garis –garis pembatasnya yaitu x = 0, y = 0, 3x + 2y = 6 dan 2x + 3y = 6
b. Kemudian tentukan titik potong antara garis-garis yang ada dengan menggunakan fasilitas yang ada pada GeoGebra yaitu dengan menggunakan icon , klik pada pojok kanan bawah sehingga muncul tampilan berikut:
 
Pilih perpotongan dua objek. Kemudian klik pada masing-masing perpotongan garis-garis pembatasnya, otomatis akan keluar titik potongnya, yaitu titik A, B, C dan D.
 

c. Kemudian buatlah poligon dari titik A, B, C, D dan kembali lagi ke titik A ( Seperti contoh membuat poligon di atas). Setelah itu lakukan pengaturan sesuai yang dikehendaki, hasilnya seperti gambar di bawah ini:
 

d. Kalau ingin disisipkan ke word, simpan dulu menjadi file gambar, seperti contoh sebelumnya.

D. Menyelesaikan Soal Matematika dengan GeoGebra
1. Menyelesaikan Soal Matematika dengan CAS.
Untuk menyelesaikan soal matematika dengan GeoGebra dapat menggunakan fasilitas dalam GeoGebra yaitu CAS ( Computer Algebra System). Langkah untuk membuka CAS adalah Klik Tampilan – CAS.  Tampilan GeoGebra akan berubah menjadi
 
Contoh 1. Selesaikan x2 + 3x + 2 = 0 !
Penyelesaian dengan GeoGebra
Pada Jendela CAS, ketikan x^2 + 3x + 2 = 0, setelah itu tinggal klik 
hasilnya adalah {x = - 1,  x = -2}. Dalam GeoGebra dapat dilihat pada gambar berikut:
 

Contoh 2. Tentukan turunan pertama dari f(x) = 6x3 + 4x2 – 5x + 7 !
Penyelesaian dengan GeoGebra
Pada Jendela CAS, ketikan 6x^3 + 4x^2 -5x + 7, setelah itu tinggal klik segitiga pada pojok kanan bawah icon , kemudian pilih dan klik hasilnya adalah 18x2 + 8x - 5. Dalam GeoGebra dapat dilihat pada gambar berikut:
 
Contoh 3. Hitunglah  !
Penyelesaian dengan GeoGebra
Pada Jendela CAS, ketikan 2x + 4 , setelah itu tinggal klik segitiga pada pojok kanan bawah icon , kemudian pilih dan klik  hasilnya adalah x2 + 4x + c
Dalam GeoGebra dapat dilihat pada gambar berikut:
 

Contoh 4. Selesaikan x2 + 6x + 5 ≤ 0 !
Penyelesaian dengan GeoGebra
Ketikan x^2 + 6x + 5 ≤ 0 ( tanda ≤ dapat di cari dari icon a ) setelah itu tinggal klik , hasilnya dapat dilihat pada ganbar berikut
 

2. Menyelesaikan soal matematika dengan fasilitas Tampilan Grafik.

Contoh 5. Tentukan titik potong antara garis x- y = 2 dengan lingkaran x2 + y2 = 9 !

Penyelesaian dengan GeoGebra.
Gambar dahulu garis x – y = 2 dan lingkaran x2 + y2 = 9 .
Gunakan fasilitas icon . Klik icon tersebut, kemudian klik pada titik perpotongannya, secara otomatis akan keluar titik potongnya. Hasil titik potongnya adalah Titik A(2.87 , 0.87) dan B(-0.87 , -2.87) . Lebih jelasnya lihat gambar berikut:
 


Contoh 6. Tentukan .
Penyelesaian dengan GeoGebra
a. Ketik pada bilah masukan f(x)=2x+1 kemudian enter
b. Ketik pada bilah masukan integral[f,1,2]
Tampilan GeoGebra sebagai berikut:
 

Hasilnya adalah daerah a yang besarnya 4. 
Jadi  

Contoh 7. Tentukan luas daerah yang dibatasi oleh kurva f(x) = 6x – x2 dan g(x) = x2 – 2x !

Penyelesaian dengan GeoGebra
a. Ketik f(x) = 6x – x^2, setelah di enter akan muncul kurva f(x) = 6x – x2
b. Ketik g(x) = x^2 – 2x, setelah di enter akan muncul kurva g(x) = x2 – 2x
c. Tentukan titik potong antara kurva f(x) dan g(x), akan diperoleh titik A(4,8) dan B(0,0)
Sehingga dapat diketahui batas bawahnya x = 0 dan x = 4
d. Untuk mengetahui luas daerah di antara 2 kurva tersebut 
Ketik IntegralDiantata[f,g,0,4] setelah di enter maka akan diperoleh luasnya yaitu 21,33

 







E. Membuat Media Pembelajaran dengan GeoGebra

Contoh : Membuat Media Pembelajaran Grafik Fungsi Kuadrat f(x) = ax2 + bx + c
Langkah :
a. Klik icon  slider / luncuran, selanjutnya klik pada area tampilan grafik, akan muncul tampilan  , kemudian klik Terapkan.

Klik lagi area tampilan grafik, muncul tampilan yang sama, klik Terapkan.
Sekali lagi klik lagi area tampilan grafik, muncul tampilan yang sama, klik Terapkan.
Tampilan Geogebra akan berubah menjadi
 

b. Pada bilah Masukan, ketikan f(x) = a*x^2 + b*x + c
Tampilan GeoGebra akan berubah seperti gambar berikut;

 


c. Tampilan tersebut dapat diubah lagi dengan cara menggerakkan slider/luncuran, caranya klik dan gerakan titik a, b, dan c. misalnya titik a digerakkan ke titik -1, kemudian titik b digerakkan ke titik 3 dan titik c digerakkan ke titik 2, maka gambar dari kurva tersebut akan berubah secara otomatis, seperti gambar dibawah ini.

 


Kalau mengingikan bentuk kurva sesuai yang diinginkan, tinggal mengganti slider a, b, c.
Jadilah media pembelajaran yang dapat menjelaskan bentuk grafik Fungsi Kuadrat sesuai dengan nilai a, b dan c.

Untuk menyimpan media tersebut, tinggal klik Berkas – Simpan
Pilih Drive penyimpanan
Beri nama file misalnya Media Pembelajaran Membuat Grafik Fungsi 
kemudian klik Simpan
Selanjutnya file tersebut akan bernama Media Pembelajaran Membuat Grafik Fungsi.ggb
( dalam extension .ggb)

Demikianlah materi Pemanfaatan Software GeoGebra dalam pembelajaran matematika yang dapat kami sampaikan dalam MGMP matematika kali ini, langkah selanjutnya silahkan materi yang singkat ini di eksplor sendiri, dengan cara belajar dari tutorial yang sudah tersedia di internet. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Sumber Belajar
1. Moch. Fatkoer Rohman. Panduan GeoGebra. Software Alat Bantu Pembelajaran Matematika. Http://www.zonamatematika.tk
2. Muh. Tamimuddin H. Muda Nurul Khikmawati. Pemanfaatan Software Aplikaksi GeoGebra I. P4TK Matematika. Yogyakarta








Tidak ada komentar:

Posting Komentar